Selasa, 19 Januari 2010

Tips agar rasa mie instant tidak hambar


Mie adalah makanan yang banyak disukai. tak peduli jabatan, pangkat dan status sosialnya. orang cenderung suka dengan mie karena cara masaknya yang tidak ribet. hanya dengan mie, kita dapat memvariasikannya menjadi banyak masakan. namun bila anda benar - benar orang yang sibuk atau mungkin anda adalah orang yang benar - benar simple dan malas untuk memasak masakan yang memerlukan banyak alat dan bahan, sekarang sekarang telah tersedia mie instant. dengan bermacam - macam rasa dan merk. kita tinggal pilih, yang berkuah atau tidak. nah! pada kesempatan berikut ini, perkenankan kami berbagi tips mengenai mie instan. agar rasa mie yang telah jadi tidak berkurang atau agar mie tidak menjadi hambar. proses pembuatan ini kami tulis berdasarkan standar proses pemasakan mie. jadi hasil yang jadi menurut proses ini adalah mie standart yang biasa - biasa saja.

1. Rebus air hangat terlebih dahulu, kemudian tunggu air sampai mendidih dahulu. atau paling tidak sudah muncul gelembung - gelembung kecil dalam air.

2. Masukkan mie instan. apabila anda menyukai mie yang kecil - kecil, anda bisa meremas mie-nya terlebih dahulu. namun bila menyukai mie panjang, biarkar mie-nya masuk secara utuh. ingat!! pada saat memasukkan mie, mie jangan dilempar agar air mendidihnya tidak muncrat.

3. Sambil menunggu mie nya memisah dan mengembang, segera siapkan wadah untuk mie. bisa mangkok, bisa pula piring. campurkan bumbu - bumbu yang terdapat dalam mie tadi dalam piring atau mangkok yang telah anda sediakan tadi. mungkin bila anda adalh orang yang suka bereksperiment dengan rasa, anda bisa menambahkan bumbu rempah sesuai selera. Ingat!! bumbu yang anda rasakan harus sesuai dengan elemen rasa bumbu mie agar rasanya tidak aneh.

4. Bila mie sudah mengembang dan tidak menggumpal lagi anda bisa mengangkat mie tersebut. bila anda suka mie yang agak kental atau mblenyek anda bisa merebusnya lebih lama. bila keadan mie sudah seperti yang anda inginkan, segera angkat dan tiriskan mie. bila itu mie kuah anda bisa langsung menuangkannya. bila itu adalah mie kering atau tanpa kuah, kurangi dahulu air dalam panci. jangn buang semua air karena itu akan menyulitkan kita untuk mengaduknya nanti. jadi saat membuang air, perhatikan air dalam panci. jika air dalam air sudah tidak mau menetes dalm kemiringan 80 derajat berarti airny sudah cukup.

5. aduk mie dan bumbu dalam mangkok. kadar air akan mempengaruhi rasa mie dan betuk mie kemudian. apabila mie yang sudah dimasukkan dalam mangkok didiamkan sejenak, mie akan sedikit lebih mengendap karena mie akan menyerap air yang ada. jadi bila kita kebanyakan menambahkan air maka mie akan hambar.

6. mie sudah siap dimakan. apabila mengingikan tambahan - tambahan seperti daging ayam atu apapun anda bisa menambahkannya.

demikian sedikit pengalaman yang dapat kami bagikan. semoga tips dari kami dapat bermanfaat. pada akhirnya saya hanyalah pelajar yang suka makan sampai - sampai mampu mengembangkanya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
SaGoBlog Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template